If Cat Disappeared from the World [2016]

Awal kenapa saya dapat film ini karena judulnya nampak so sad. Saya pecinta kucing, saya keseharian berhubungan langsung dengan kucing. Bahkan saya tidur bareng kucing piaraan. Jadi judulnya sangat sentimentil buat pecinta kucing. Jadilah saya tertarik buat nonton film ini. Eh ternyata saya mendapati bonus rejeki nomplok. Yang main ternyata Mas Takeru Satoh. Huwaaa, makin berminat buat nonton. Meskipun saya rada ga suka dengan genre drama. Yap simak aja yuk sesi bedah movie full spoiler ala Chapteranian. Selamat membaca.
***


Judul : If Cats Disappeared from the World
Tahun : 2016
Durasi : 1 jam 42 menit
Genre : Drama, fantasi
Sutradara: Akira Nagai

*Berdasarkan novel dengan judul yang sama [Sekai kara Neko ga Kieta nara, versi Jepangnya] yang ditulis oleh Genki Kawamura. Dibintangi oleh mas Takeru Satoh dan mbak Aoi Miyazaki.*


PROLOG
Dari awal sudah disuguhi mas Takeru Satoh yang lagi gowes sepeda. Uniknya, ada kucing yang duduk santai di keranjang dan diam dibawa jalan-jalan [saya pernah coba, dan kucing saya lompat indah hahaha]. Hanya berselang beberapa menit, langsung muncul pertanyaan,"jika kucing hilang dari dunia ini, bagaimana dunia ini akan berubah?"

Wah dari pertanyaannya, sepertinya kucing ini memang mempengaruhi sebagian besar jalan cerita. Setidaknya ia pasti sangat penting bagi si tokoh utamanya. Dalam waktu kurang dari dua menit, si mas-nya sudah mengaku bahwa ia akan segera mati. Duh saya langsung sedia patriot [baca: tisu] ini film benar-benar drama. Fokus cerita setelahnya adalah membahas tentang flash back sebelum adegan prolog ini. Hmm, menarik.

TOKOH
Di film ini tidak disebutkan siapa nama tokoh utamanya. Ya, kita sebut saja mas Satoh. Mungkin ini karena penggambaran sudut pandangnya dari orang pertama. Jadi kita tidak diperkenankan tahu siapa namanya, toh Mas Satoh ini ga rajin ngobrol dan teman-temannya ga pernah panggil nama dia. Untuk deskripsinya, digambarkan melalui pekerjaannya dan sikap orang-orang ke dia. Mas Satoh ini adalah tukang pos yang tugasnya antar surat, ceria, ramah, sopan ke teman kerja, banyak yang perhatian ke dia. Ya, cukup cerah di awalnya.

PLOT
Konflik mulai muncul saat Mas Satoh tiba-tiba kejungkel [OPO IKI?baca: jatuh secara dramatis] dari sepedanya. Dokter bilang itu tumor otak yang sudah stadium akhir. Harapan hidupnya menurut bapak dokter hanya seminggu lagi. Seketika keceriaannya sebagai si tukang post lenyap. Dan iringan piano dalam tempo pelan mulai menjadi back sound. Kemudian, di antara kesuraman itu muncullah si iblis itu. Jadi ketika mas Satoh pulang ke rumah, sudah ada seseorang yang seperti kembaran dia dan mengaku adalah iblis. Dia mengabarkan bahwa mas Satoh akan mati besok. Nah, dia punya tawaran menarik untuk memperlambat kematiannya. Yaitu, harus menghilangkan sesuatu dari dunia ini untuk menambah umurnya selama satu hari. Nah, keputusan mengenai apa yang harus dihilangkan tergantung kemauan si iblis. Mas Satoh setuju akhirnya.


Pertama kali ketemu dengan si demones

Mas Satoh

Another Mas Satoh sebagai daimones

Kehilangan pertama, handphone. Memang sih terlihat sepele, hanya sebuah handphone. Tapi jika semua handphone dan telepon rumah menghilang dari dunia bukankah akan jadi masalah juga. Nah bagi mas Satoh ternyata telepon rumah punya banyak kenangan buat dia. Saat diberi kesempatan terakhir buat nelpon, dia akhirnya telpon sang mantan dan mereka ketemuan. 


Ketemu mbak Aoi, sang mantan

Trus nostalgia pas dulu pertama ketemu yaitu lewat salah sambung telepon, mereka akhirnya ngobrol tentang film, dekat dan akhirnya pacaran. Sedih juga pas telepon dihilangkan dari dunia, otomatis cerita masa lalu si mbak mantannya ini juga ikut terhapus. Mereka ketemuan lagi dan mereka sudah benar-benar jadi perfectly strangers.
Awal ketemu, karena salah sambung telponan dari mbak Aoi dan bahas film yang lagi ditonton mas Satoh

Hape lenyap dari dunia, sodara-sodara

Kehilangan kedua, film. Apa yang terjadi jika seluruh film menghilang dari dunia ini? Bagi mas Satoh, ia sangat sadar pengaruhnya. Jika film menghilang dari dunia, maka ia tak akan pernah bertemu dan kenal dengan satu-satunya teman, Tatsuya. Mereka awal ketemu karena mas Satoh lihat Tatsuya lagi baca majalah film, akhirnya dia bisa nimbrung ngobrol tentang film. Bahkan si Yamada sering panggil Tatsuya dengan Tsutaya [tempat pinjem DVD]. 


Pertama ketemu Tatsuya

Hampir setiap hari, Tatsuya minjemin film buat ditonton mas Satoh. Quotes paling mengena adalah: tidak akan ada akhir dari sebuah film, itulah sebabnya hubungan ini akan berlanjut dengan keabadian. Eh, sedih banget lah ketika mas Satoh datang ke toko rental DVD buat ketemu Tatsuya. Dia bertanya bagaimana jika film menghilang dari dunia ini. Dia juga minta rekomendasi film yang cocok untuk dilihatnya untuk terakhir kali sebelum dia mati. Nahloh, si Tatsuya bingung kan? Dia hanya mengulang quotesnya. 


Film-film di tempat rental Tatsuya menghilang, dan Tsutaya ganti jadi tempat sewa buku

Kemudian BOOM, film menghilang dari dunia. Mas Satoh asik-asik aja liatin si mbak mantan [doi punya bisnis keluarga bioskop] dari jauh. Kemudian, tanpa permisi, film langsung dihilangkan dari dunia, semua film menghilang, berarti tidak ada bioskop, tidak ada mbak sang mantan. Ya, hilang sekalian sama bangunannya. Mas Satoh langsung lari ke tempat rental DVD Tatsuya yang kemudian berubah jadi tempat rental buku. Ini ngenes sekali sodara-sodara. Saat inilah saya merasa bahwa Yamada mulai ragu buat nambah satu hari hidupnya. Tapi toh langsung berlanjut ke kehilangan selanjutnya.

Kehilangan ketiga, waktu. Nah pas bagian ini, langsung ditarik flashback jauh sebelum semuanya menghilang. Yaitu kembali ke masa-masa mas Satoh dan mbak Aoi berlibur ke Argentina dan ketemu orang Jepang backpacker kenalan mereka, si Tomo san. Ceria lagi, tapi langsung suram. Apalagi ketika cerita mulai mematikan Tomo san akibat kecelakaan. Karena waktu dan segala yang berhubungan dengan itu menghilang, maka toko reparasi jam milik bapaknya mas Satoh juga ikut menghilang. Sedih sih, tapi ini belum klimaks.


Tomo-san di Buenos Aires, Argentina

Kehilangan keempat, kucing. Inilah klimaksnya. Bahkan diberikan flash back cukup panjang untuk sebuah alasan mengapa kucing tidak seharusnya dihilangkan. Ini berhubungan dengan kenangan keluarga mas Satoh, tentang ibunya yang awalnya alergi kucing hingga jadi pecinta kucing, tentang bapaknya yang ternyata sweet tsundere dan alasan mengapa mas Satoh dan bapaknya jadi merenggangkan hubungan. Di sini diceritakan tentang kucing pertama yang dipungut mas Satoh, namanya Retasu [karena ditemuin di kardus Lettuce] yang sudah almarhum. Kenangannya itu loh sama mamanya, karena mamanya sayang banget sama Retasu. Lalu cerita tentang kucing yang sampai sekarang masih dijaga mas Satoh, yaitu si Kyabetsu. 


Flasback tentang kucing adalah tentang keluarga Mas Satoh.
Tentang mamanya yang suka banget kucing. Tentang bapaknya yang tsundere.

Bagian yang paling buat mewek adalah, ketika Kyabetsu menghilang sebelum dihilangkan oleh si iblis. Setelah berputar-putar cari, mas Satoh temuin kucingnya dan juga surat dari almarhum ibunya yang ga pernah coba dia baca. Bahkan dia menolak untuk menerima surat terakhir itu hingga suratnya disimpan mbak Aoi dan dikirimkan pada saat sekarang. Suratnya itu bikin air mata banjir. Sedih banget. Dan karena surat itu [mungkin], akhirnya Mas Satoh menolak keinginan si Iblis untuk menghilangkan kucing dan menjalani hidup sesuai waktu yang dia punya.


Menolak menghilangkan kucing, yeyyy

ENDING
Semua yang pernah hilang, akhirnya kembali lagi. Mas Satoh langsung menggunakan kesempatan yang ada buat pamit ke teman-temannya. Lalu pulang ke rumah, ketemu bapaknya. Tidak dijelaskan lebih detail tentang bagaimana akhirnya. Jadi, kesimpulannya adalah terserah anda.

PLUS MINUS
Plusnya drama dapat, Takeru Satoh keren dan pas adegan kembarnya sangat smooth. kucingnnya wow, endingnya fleksibel terserah penonton karena tidak dilanjutkan sesudahnya. tapi menunjukkan adanya indikasi happy ending. setidaknya, jika memang yamada akhirnya akan mati dia pasti mati bahagia karena bisa melakukan banyak hal yang ingin dilakukannya bersama orang di sekitar.

Minusnya apa ya... oh! saat kehilangan ketiga, transisinya terasa masih kasar. karena pas kehilangan film dan sedih-sedihan berdrama ria, tiba-tiba langsung berubah drastis di perjalanan ke Argentina yang pernah dijalani mas Satoh dan pacarnya. Ini flash back lagi. Juga tidak disebutkan lebih dulu bahwa yang akan dihilangkan adalah waktu.
*

Sekian untuk obrak-abrik film If Cat Disappeared from the World. Sampai jumpa di film-film berikutnya. Jangan kapok mampir ke Chapteranian yaa.

Adz.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.