[REVIEW] Satsuriku no Tenshi: Janji yang Wajib Ditepati



Judul                            : Satsuriku no Tenshi (Angel of Death)


Jumlah episode           : 16 episode


Banyak komentar di luar sana yang membicarakan tentang ending anime Satsuriku no Tenshi yang memang open ending alias ambigu. Anime yang diadaptasi dari game ini memang bikin penasaran. Status Rachel Gardner di Wikipedia juga katanya unknown. Zack mati karena kena hukum mati. Lalu akhirnya saya menuntaskan enam belas episodenya. Tangan ini rasanya gatel kalo gak nulis reviewnya. Jadilah tulisan ini saya publish juga untuk meramaikan Chapteranian.



1.      Yes, Zack emang mati

Di luar sana masih banyak yang bertanya-tanya apakah status Isaac Foster setelah episode 16. Mungkin karena banyak yang berharap Zack benar-benar kabur dari penjara dan akhirnya menemui Rachel untuk memenuhi janji mereka. Tapi menurut saya, Zack beneran sudah mati atau akan mati. Itu menjelaskan kenapa dia bisa muncul di jendela kamar Rachel yang ada di lantai atas. Ya kali dia terbang ke lantai atas.

Alasan lainnya adalah Zack ngancurin jendela kamar Rachel dengan sabit besarnya yang di episode sebelumnya udah potek lalu dibuangnya. Yes yes yes, that’s the clue. Karena banyak loh yang mengira kalo kemunculan kembali sabitnya Zack itu sebuah kesalahan alias plot hole. Padahal jelas-jelas itu sebuah petunjuk untuk menunjukan bahwa ya Zack sudah di alam lain. Atau setidaknya, ini hanya dalam imajinasi Rachel. Bisa dibilang si Rachel nge-halu kalo Zack datang menjemputnya. Padahal itu cuma halusinasi yang menuntun Rachel untuk lompat dari kamarnya di lantai atas.

Jadi di anime ini, bisa dibilang Zack adalah figur satsuriku no tenshi alias angel of death-nya si Rachel.

2.      Rachel bunuh diri

Jreng jreng jreng, ada yang tidak setuju? Sudahlah, nyerah ke saya. Ini bukan cuma nulis dan curi-curi sensasi kok. Ada buktinya. Bukti kuat lagi, menurut saya sih. Mau dengarkan dulu?

Oke, jadi kenapa saya menyatakan demikian itu karena scene beberapa detik setelah credit movie. Hayooo pada nonton sampai akhir gak? Bagi yang nyimak sampai akhir pasti sadar kalao pisau Zack tergeletak di lantai kamar Rachel. Lalu jendelanya rusak dan aada luberan darah di jendela. Itu darah Rachel dan yang ngerusak jendela itu bukan Zack dengan sabitnya tapi si Rachel sendiri.

Rachel menggunakan pisau Zack untuk hancurin jendela lalu dia sendiri lompat dari kamarnya. Masih ingat dengan teriakan ibu-ibu dan kemudian ada sirene polisi? Itu ibu-ibu teriak karena memergoki Rachel mau bunuh diri. Lalu polisi datang bukan untuk kejar Zack tapi karena dokter Rachel nelpon untuk mengabarkan apa yang ditemukannya.

INGAT SELALU KALO ZACK TIDAK PERNAH SEKALIPUN KETEMU RACHEL SECARA FISIK DI EPS. 16!

3.      Kenapa status Rachel Gardner masih unknown?

Jika teori-teori di atas yang sudah saya beberkan sampai berbusa itu memang bisa dibenarkan. Maka pertanyaan lainnya adalah status unknown dari sang heroine. Itu kenapa? Jawabannya gampang saja, hahaha saya sudah punya jawaban lagi nih. Mantap.

Jadi, saat si Rachel bunuh diri, dokternya tahu. Itu menjelaskan suara teriakan ibu-ibu sebelum Zack hancurin jendela kamar Rachel. INGAT: adegan Zack nongol dan berbincang-bincang romantis dengan Rachel itu harusnya hanya ada dalam bawah sadar Rachel. Jadi saat ‘bawah sadar Rachel’ lompat dari jendela untuk kemudian digenggam tangannya oleh Zack, itu tubuh asli Rachel yang bleeding terjun dari atas. Ingat lagi kalo ada banyak mobil polisi yang kemudian datang. Jika polisi berhasil tepat waktu membawa Rachel untuk mendapat pertolongan medis, maka Rachel bisa selamat. Tapi status UNKNOWN itu diberikan karena durasi yang sudah habis. tidak diceritakan apakah polisi berhasil menyelamatkan Rachel yang bunuh diri atau tidak. Terjawab kan?

Nah, menurut kalian yang sudah nonton bagaimana? Apa teori kalian?

Saya sih leboh condong ke ending yang Rachel akhirnya mati. Karena dengan itulah janji keduanya menjadi saling ditepati. Rasanya begitu nyesek kalo yang mati cuma Zack. Mengingat semua jasa Zack saat mereka berdua coba keluar dari gedung. Nyesek lagi kalo dipikir bahwa Zack yang segigih itu harus mati karena hukuman mati.

Episode terakhir ini sangat nge-feel, saya bahkan sangat terharu, terguncang, tergerak dan ter- lainnya. keren parah. Sebenarnya dari episode satu sih, intinya genre psikologinya dapet dah karena berhasil ngubek-ubek emosi penontonnya.

Janji yang mereka buat di episode satu akhirnya dipenuhi di episode terakhir. Meskipun secara gak langsung. Rachel minta Zack untuk berjanji bunuh dia, dan Zack menepatinya. Ini dalem banget. Entah kenapa mereka tetep memilih akhir ini daripada mempertimbangkah happy ending ketika Zack dan Rachel akhirnya berhasil keluar dan hidup bahagia bersama-sama. Tapi karena konsisten dengan tema dark dari awal hingga akhir, maka saya suka. Anggaplah review ini adalah sebuah apresiasi dari kehidupan malang Rachel Gardner dan Isaac Foster. Berbucin-bucinlah kalian di dunia lain sana.

Duh ini epik sih di eps. 16

Kutipan kalimat menyentuh di akhir episode 16:

“Hey, Zack. Bunuhlah aku!”

“Kalau begitu jangan menangis dan tersenyumlah.”


KYAAAAA

Reviewer undur diri. Selamat berbahagia untuk Mbak Ray dan Mas Zack yang akhirnya saling menepati janji. Cerita kalian indah sekali. Bubye…

69 komentar:

  1. Wah terima kasih sudah nyasar, Kaka. Sering-sering yaa. Semoga kuota internetnya makin lancar jaya. Aamiin. Hehehehe

    BalasHapus
  2. tapi arah pecahan kacanya didalam bukan diluar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu si rachel keknya mecahinnya sambil gak sadar atau halu makanya di dalem juga ada darah jadi dia mecahin kacanya mungkin secara bar²

      Hapus
    2. Tentang pecahan kaca ada di dalem, menurut saya, itu karena si Rachel pecahin kaca dengan tangannya sendiri. Ini juga bisa jadi jawaban kenapa di kacanya ada bercak darah (setelah credit). Gitu ya?

      Hapus
    3. kayaknya mustahil bin mustahil deh kalau rachel yg hancurin jendelanya soalnya jendelanya ada jeruji besi

      Hapus
    4. Dear unknown, tiap orang bebas beropini asal tetap saling menghargai 😁

      Hapus
  3. Kak masa besi jeruji jendela nya bisa kepotong gitu, masa iya cuma pake piso doang :( terlalu ambigu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu jeruji cuma halusinasinya Rachel,si rachel halusinasi kalo dia ada di penjara

      Hapus
    2. Yap betul sekali, itu jerujinya pastilah cuma halusinasi si Rachel. Gak mungkin sebuah fasilitas untuk rehabilitasi mental dipakein jeruji besi

      Hapus
    3. iya sih bener..! soal x klo d liat waktu mobil polisi datang itu semua jendela x g ada yg pake jeruji,jadi jeruji itu cuman imajinasi x Rachel

      Hapus
    4. jerujinya masih ada kok waktu di akhir makanya nontonnya itu lebih teliti dong

      Hapus
    5. Dear unknown, tiap orang bebas beropini asal saling menghargai 😁

      Kalo saya si tetep, bahwa jeruji itu hanya ada dari sudut pandang Rachel aja. Peace 😇

      Hapus
  4. Terima kasih min, udah jawab pertanyaan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, terima kasih sudah mampir. Semoga kuota internetnya semakin sehat, hehehe

      Hapus
  5. Aku masih bingung kenapa rachel dan zack bisa masuk ke gedung itu. Mana tau mimin punya teori sendiri. Jujur aku belum ngerti kenapa mereka berdua bisa ada di gedung itu. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persamaan Rachel dan Zack cuma satu, mereka sama-sama pernah bunuh orang. Mungkin saja penghuni lantai lainnya juga seperti itu.

      Tentang alasannya, saya sih berasumsi kalo itu adalah bahan eksperimen si Abraham Gray (bapak pendeta), mungkin berhubungan dengan hal religius seperti pertobatan atau hanya tertarik tentang sisi psikopatnya manusia

      Hapus
    2. Menurut gue bapak pendeta itu cuma mau liat adanya sisi kemanusiaan mereka yang mana akhirnya dia nemuin ada pada zack yang sebenernya dia punya sisi manusia yang di trigger oleh rachel yang mana senjata buat membunuh menjadi senjata buat melindungi..
      Di akhir waktu udah dapet jawabannya bapak pendeta itu biarin mereka keluar.. tapi di luar rencananya malah sistem gedung di aktifin sama si dokter idiot wkwkwk.. jadi orang orang luar pada kumpul di gedung itu dan polisi, pemadam, ambulan juga pada dateng

      Hapus
  6. Maaf min sebelumnya, ane masih merasa janggal sm beberapa scene ini.

    Kenapa pisau Zack ada di kamar Rachel? Saat Rachel pingsan pas keluar dr bangunan misterius bareng Zack, si Rachel itu msh megang pisau Zack dan kemudian ada ambulan dan polisi menghampiri mereka. Jd saat Rachel dibawa ambulan, ga mungkin jg pihak ambulan dan polisi membiarkan pasien yg terluka/pingsan membawa pisau itu, otomatis pisau itu dibawa polisi sbg barang bukti. Dan ga mungkin jg pihak rumah sakit mengembalikan pisau itu ke Rachel yg mentalnya terganggu.

    Kemungkinan bukan Rachel yg menghancurkan jendela kamar nya. Terlihat, semua jendela di rumah sakit itu memakai jeruji besi (menit 17.57) jd itu nyata, bukan imajinasi Rachel. Sekuat-kuatnya orang barbar, rasanya aneh kl bs menghancurkan jendela+jeruji besi dlm waktu singkat yg cm bermodalkan pisau aja.

    Yakin Rachel bunuh diri?
    Kl misalkan Rachel bunuh diri dg melompat dr jendela kamarnya, kenapa cipratan darahnya bisa sampe ke dalam kamarnya yg diatas (entah lantai 2 atau 3). Jd menurut ane, darah yg ada di kamar Rachel itu adalah darahnya Zack yg bs jd luka di perutnya terbuka lagi. Terlihat jaket yg dipakai Zack ada darahnya di bagian perutnya (menit 18.50).

    Soal sabit nya Zack yg utuh kembali itu gmn ya?apakah si Zack bikin lagi atau dia punya cadangannya ya?

    Jadi menurut pendapat ane pribadi, pertemuan Zack dan Rachel itu nyata (di endingnya) dan tidak diperlihatkan adanya halusinasi ataupun mimpi. Dan akhirnya mereka bs bersama kembali (happy ending).
    Mohon maaf sebelumnya, ini pendapat ane secara pribadi setelah melihat animenya dr awal sampai akhir. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren banget, sangat detail ini, setiap asumsi itu berharga. Coba saya balas satu-satu yak, semoga mampu dan menjawab, hehehe

      Pisau Zack, hmm... mungkin saja waktu itu pisaunya dijatuhin di gedung. Asumsi saya sih itu pisau gak diangkut polisi. Justru diambil oleh bapak pendeta penghuni B2. Mungkin dia selamat, keluar dari gedung dan kembali ke masyarakat. Siapa tahu dia bisa mengunjungi Rachel sambil nganter pisau Zack. Rachel yang kena gangguan mental dan bapak pendeta mengunjungi. Harusnya si masuk akal. Gitu gak?

      Harusnya si jeruji itu gak pernah ada. Karena itu fasilitas buat pemulihan mental bukan penjara. Peace...

      Pecahan kaca di dalem, itu karena Rachel pecahinnya pake tangan. Mungkinkah? Supaya makin lebar, dia potekin dan pecahannya ditaruh di dalem. Ini juga bisa jadi alasan kenapa di kacanya ada darah. Kalo Zack dari eps.1 jaketnya udah ada darahnya, hehehe

      Next, fiuh banyak yak

      Tentang sabit Zack dan adegan di eps terakhir apakah nyata atau tidak itu sih tergantung masing-masing. Di sini saya juga cuma kasih pendapat pribadi kok. Banyak di luar sana yang berpegang pada ending versi pribadi. Sekali lagi, ini open ending

      Hapus
    2. aku mngarapkan happi ending :(

      Hapus
    3. kalau menurut saya ya min itu jeruji itu ada karna di akhir ed kalau kita tonton lebih teliti itu jerujinya ada loh gak ilang sama sekali dan biasanya fasilitas untuk pemulihan mental atau jiwa mungkin aja ada jeuruji di jendelanya itu tergantung seberapa parah pasien yg ada di tempat itu,karna kita gak bakalan tau apa yg bakalan di lakuin pasien itu kalau gk di pasangin mungkin ada aja yg niat buat kabur,bunuh diri lewat jendela mungkin aja kan karna ia mengalami gangguan jiwa atau mental makamya di pasangin jeruji,dan juga waktu si rahcel di ajak jalan jalan sam si dokter kalau kita liat di atas temboknya itu ada kawat kan nh ada kemungkinan tempat pemulihan jiwa atau mentalnya ini banyak pasien yg ngalami sakit mentalnya parah maka nya di pasangin,tapi yg jadi pertanyaan kenapa pisaunya kok tergeletak gitu aja terus gak ada darah di pisaunya tapi kok di jendela ada darah ya tapi mungkin aja itu darah dari si zack terus kalau dia gak pakai pisau buat bunuh diri terus pakai apa dong dan juga jeritan orang yg ada di luar itu mungkin cuma kaget karna liat zack yg bawa sabit ke kamarmya rachel bukan kamar sih tapi jendela.
      Itu menurut saya,maaf ya kalau ada kata kata yg kurang nyambung soalnya gua ngetik nya agak cepat tanda baca aja ada yg a
      salah tempatnya.😑

      Hapus
    4. soal sabitnya mungkin hasil curian si zack karna sabit gak cuma satu

      Hapus
    5. Dear unknown, tiap orang bebas beropini asal saling menghargai 😁

      Hapus
  7. Gw masi gapaham pas di lantai B1 si rachel bilang udah ngecek semua ruangan utk nyiapin jebakan org2 yg dtg ke lantainya. Lah dia brarti udah lama dong jd penghuni lantai B1, kok bisa2nya dia turun ke lantai paling bawah, ga ingat apa2 trus naik ke B7 ktmu zack

    Ribet bgt ntn film yg MC nya orgil, anjai

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya itu si dokter itu yg bawa nya ke ruangan nya terus si ray kesesat lalu masuk ke ruangannya si isaac

      Hapus
  8. Yap, Rachel memang penghuni di B1, bisa juga sudah lama. Itu ruangan B1 disesuaikan banget dengan keadaan rumah Rachel. Dia turun ke bawah karena pertanyaan-pertanyaan random yang ada di dinding itu kan?

    Mungkin juga dia lupa dengan apa yang dia lakuin ke ortunya, karena saking traumanya. Tapi dengan perjuangannya kembali ke luar, dia jadi ingat apa yang sudah terjadi. Jadi jawabannya justru ada di episod-episod terakhir.

    MC nya unik, pemikirannya sulit ditebak ya. Tapi seru kok

    BalasHapus
  9. anjir bro sumpah keren banget... gw berharapnya mereka keluar dari situ trus hidup dengan happy end...eh kenyataanya ngak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. gini bro coba pikir pake logika aja, mana ada ank cewek masi pertumbuhan belum dewasa bisa motong jeruji besi tanpa bantuan laki2 yg udah mayan besar..., dan pisau yg di tampilin akhir2 itu sama sekali tidak di gunakan untuk apa2 karena tidak ada darah atau kikisan rusak dri pisau, dan jelas yg bisa ngebobol nyulik ray cuma si zack yg disayanginya sendiri, jdi jangan mudah percaya dulu ya wkwkw

      Hapus
    2. Dear unknown lagi, tiap orang bebas beropini asal saling menghargai 😁

      Jangan kapok nongol lagi 😇

      Hapus
  10. Keren opininya, gw setuju banget sama lo. Karena menurut gw rachel emang halu dan bunuh diri, kenapa?. Karena si rachel emang punya penyakit mental, dan rumah sakit yang dia tempati itu adalah rumah sakit jiwa. Kalo gw gak salah sih, katanya di ending game nya juga dilihatin, kalo misalnya rachel ke arah jendela, dan ntah dokter apa susternya terikak gitu (gw lihat scene dikit doang sih). Dan kalo masalah rachel punya penyakit mental itu opini gw,kenapa? karena si rachel udah jelas banget gilanya, coba rewatch, pahami dan kalian akan paham. Sedih sih endingnya tapi mau gimana lagi, ini kan emang anime, game yang latarnya dark, seperti yang udah lo bilang. Gw komen cuma mau nambahin aja, sebagai penguat opini lo hehe, soalnya di fandom luar juga gini teorinya, dan toeri gw juga gini, hehe.

    BalasHapus
  11. Makasih banget loh min teori teori nya

    BalasHapus
  12. gw berharap happy ending dan ada lnjutan season 2 nya :( btw ada manga nya ga min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ending ini aja bagi Rachel sudah termasuk happy end, hehe. Btw, ini anime diadaptasinya dari game ya

      Hapus
    2. ada kemungkinana s2nya bakalan ada karna kita masih belum tau apa sih yg terjadi sama zack dan rachel dan itu yg menjadi salah satu alasan mengapa ini anime harus ada season 2 nya tapi ya kalau memang gak ada ya mundahan aja ada ova nya btw maaf lagi ya karna gk ada tanda bacanya

      Hapus
    3. Dear unknown, tiap orang bebas beropini asal saling menghargai 😁

      Saya juga berharap setidaknya ada satu episode ova sebagai pencerahan sehingga tidak banyak unknown-unknown ngeyel lainnya di sini. Peace 😇

      Hapus
    4. Mungkin bukannya ngeyel, ambil positifnya mereka juga punya pembahasan mereka..
      Jadi jangan admin nya juga ngeyel maksain opini mereka harus sama 🤣🤣

      Hapus
  13. Akhirnya bisa tidur nyenyak😊kan pas aku g mau kalo Zack sendirian dialam sana tapi kalo Rachel ikutan kesana kan enak😍berbucin-bucinlah disana Zack😭💞👍

    BalasHapus
  14. Ahhh ak bener bener nggk ngerti tentang endingnya . Ak jg uda miss sama segala kemungkinan itu.. Tp ak gk nyangka klo ray bunuh diri.. Hah setelah baca review ,.. "Ahhhh beginikah akhirnya" Sedih bgt, dpt bgt feel'ny... Terimakasih pencerahannya.. 🤭

    BalasHapus
  15. kak mau nanya, kan zack pernah idup ama si kakek" itu. nah, waktu si zack ketangkep, yg diwartawanin itu mirip si kakek yg hidup bareng sama zack waktu kecil. nah disitu kan ada yg nanya juga, zack bakal dihukum mati apa engga, tapi si kakek nya malah senyum misterius gitu, kek nyembunyiin sesuatu ke berita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. No. Zack emang pernah tinggal sama kakek stranger. Tapi di episode berapa gitu, si kakek meninggal. Dia jadi korban pembunuhan, ini juga yang memicu si Zack akhirnya jadi serial killer. Sedangkan yang diwawancarai itu mungkin polisi atau sejenis detektif. Gitu ya?

      Hapus
  16. Bukan nya memang happy ending, Zack nepatin janji dia buat ketemu dan jaga Rachel sampai dia tewas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap betul sekali. Happy ending buat mereka tapi nyesek buat para penontonnya. Hahahaha

      Hapus
  17. Balasan
    1. haha emang lu bukan wibu anjg

      Hapus
    2. Nih namanya mereka lagi beropini, gunakan otaknya, lagi berlogika. Bermanfaat banget lho daripada ngatain orang lain, daripada cuma bisa bilang, "Hahaha, ngakak baca komen halu para wibu." Ciee yg gabisa berlogika, lagi kebingungan ya mencerna

      Hapus
  18. Gini lo min, sabit itu tidak harus menjadi patokannya, bisa aja Zack ngambil obeng atau alat2 perkakas pas dia lgi OTW ke rumah sakit nya ray, dan tu sabit sebenarnya cuma untuk aksesoris saja melambangkan masih memiliki tekad apinya untuk membebaskan ray, dan pisau itu tidak ada darah atau kerusakan besar sama sekali, dan ingat klo zack bilang pisaunya sudah tumpul, jdi ya mustahil si ray bisa motong jerujinya, dan darah itu adalah kemungkinan ray kabur dengan zack tanpa alas kaki karena masi berada di ruangan dan kakinya terinjak sisa potongan kaca yg masi tersangkut di jendela, dan ingat zack itu pembunuh handal dan sudah bertahun2 tidak tertangkap, pasti mudah saja dia kabur dri polisi, dan knp ada serpihan kaca jauh kedalam di bawah kasur ray?? ya itu karena zack memukul kaca dri luar dan tentu saja impact nya ke dalem kan atau serpihan kacanya mental kedalemkan, yg semua saya katakan pasti jelas masuk akal.

    statement 2, coba pikir pake logika aja, mana ada ank cewek masi pertumbuhan belum dewasa bisa motong jeruji besi tanpa bantuan laki2 yg udah mayan besar..., dan pisau yg di tampilin akhir2 itu sama sekali tidak di gunakan untuk apa2 karena tidak ada darah atau kikisan rusak dri pisau, dan jelas yg bisa ngebobol nyulik ray cuma si zack yg disayanginya sendiri. jdi klo ray bunuh diri itu hal yg salah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap orang punya opini masing-masing om👍

      Hapus
    2. Dear unknown, tiap orang bebas beropini asal saling menghargai 😁

      Lagipula ini kan tulisan cuma versi saya, kalo unknown yg terhormat punya versi sendiri silahkan dituliskan di blog anda. Jangan lupa dikasih nama. Peace 😇

      Hapus
    3. Nahh,lebih masuk akal gini gan

      Hapus
  19. AKHIRNYA BISA TIDUR NYENYAK MAKASIH MIN

    BalasHapus
  20. Cliffhanger Ending, Jenis ini bersifat menggantug, di mana penonton dipersilakan untuk menafsirkan sendiri kelanjutannya.

    Apakah satsuriku no tenshi menggunakan ending ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Mungkin karena diadaptasinya dari game jadi endingnya bebas, suka-suka imajinasi pemainnya

      Hapus
  21. makasih kak. awalnya ku bener2 bingung sama endingnya, pas baca reviewnya awto nangid :'D

    BalasHapus
  22. gini amat nonton anime romance berkedok hororr.mikirin endingnya jauh lebih horor ketimbang nonton animenya

    BalasHapus
  23. Tapi kalo emang Rachel bunuh diri dengan mecahin kaca pake piso dari Zach, kenapa pecahan kaca dari jendelanya ada dibagian dalem kamarnya? Secara kalo dia mecahin kaca dari dalem harusnya ga ada pecahan di kamar kan?

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Pengarang telah menghapus ingatannya tentang anime ini. Silahkan move on.

    BalasHapus
  26. Makasih broo sekarang bisa tenang gua🙏

    BalasHapus
  27. Kalo menurut gua ini si Zack emg beneran datang karena kan belum dihukum mati n akan dihukum mati, cuman pas mereka berdua ketemu ditembak oleh polisi, tapi scene pisau dari Zack ini emg agak membingungkan, makanya aku jg kepikiran kalo si Ray emang bunuh diri jg karena mentalnya udah diambang batas karena dia sering gk bisa tidur kan, apapun yang benar seperti emg keduanya udah mati, entah Zack bunuh Ray lalu dibunuh polisi ato dihukum mati atau Ray emg bunuh diri dan Zack dihukum mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh ngasih ending pilihan gak ? Tapi ini bisa juga terjadi loh.. misal semuanya emang kayak tulisan diatas tapi dengan kejadian rachel bunuh diri tapi selamat karna berhasil ditangani medis dan akhirnya detektif yang mewawancarai zack jadi nemu feel dengan keanehan hubungan mereka berdua, kan itu sebenarnya sebelumnya detektif bilang juga kalau dia sebenarnya yakin kalau perkataan zack sepertinya tidak berbohong, dan masalah pembunuhan zack bisa juga dianggap bukan pembunuhan acak tapi emang ada alasannya..
      Nah setelah ini mungkin ada ending dimana zack yang bebas dari masa hukuman dan rachel yang keluar rumah sakit bertemu.

      Hapus
  28. Cuman gua gregetan bgt sama mereka berdua udah jelas2 itu bucin saling suka, cuman ngeyel bilang pen dibunuh n mau dibunuh padahal dalam hati pengen bersama-sama sampai akhir, dan pas kepisahpun sama-sama sedih, yah namanya jg anime

    BalasHapus
  29. Hemmm hemm gak papa lah yg penting Rachel Gardner masih di hati,Sayonara Rachel

    BalasHapus
  30. Boleh ngasih ending pilihan gak ? Tapi ini bisa juga terjadi loh.. misal semuanya emang kayak tulisan diatas tapi dengan kejadian rachel bunuh diri tapi selamat karna berhasil ditangani medis dan akhirnya detektif yang mewawancarai zack jadi nemu feel dengan keanehan hubungan mereka berdua, kan itu sebenarnya sebelumnya detektif bilang juga kalau dia sebenarnya yakin kalau perkataan zack sepertinya tidak berbohong, dan masalah pembunuhan zack bisa juga dianggap bukan pembunuhan acak tapi emang ada alasannya..
    Nah setelah ini mungkin ada ending dimana zack yang bebas dari masa hukuman dan rachel yang keluar rumah sakit bertemu..

    BalasHapus
  31. Komentarnya bervariasi, aku sudah menonton anime, game dan novel angel of death dan dapat kusimpulkan
    "Zack dan Ray melarikan diri bersama" hal ini sudah official dari novel dan wiki

    Banyak yang mengatakan kalau sebenarnya Zack yang muncul di akhir merupakan imajinasinya Ray karena dia terlalu depresi dan akhirnya dia bunuh diri dengan memacahkan jendela dan terjatuh.

    Apa yang terjadi di akhir itu bukan imajinasinya Ray tapi memang Zack datang menjemput Ray, hal ini terbukti dari Zack yang menghancurkan besi di jendela yang dimana tidak akan bisa dihancurkan ray, jendelanya juga terbukti hancur dari luar. Dan telah disebutkan di Wiki bahwa "Zack dan Ray melarikan diri bersama" hal ini juga disebutkan di akhir Novelnya

    Soal pisau yang terjatuh dan darah di jendela itu memang telah ada saat Zack berdiri di jendela, kalian bisa melihat ANGEL OF DEATH versi "Game" dimana saat Zack menghancurkan jendela perutnya kelihatan merah dan ada darah di bawah jendela, dan pisaunya Ray terjatuh dari tangannya saat dia terkejut melihat Zack datang menjemputnya (Ray memegang pisau untuk melindungi diri). Luka yang didapatkan Zack di perut mungkin luka tersebut ia dapatkan saat melarikan diri dari penjara (atau jahitannya terbuka). Bahkan di versi anime bagian perut Zack dihitamkan (sangat hitam dari apapun) yang artinya agar penonton tidak dapat melihat luka Zack di anime.

    Pertanyaan, bagaimana Zack bisa datang dengan baju dan sabit yang sama saat mengunjungi Ray?. Ini teori Versiku:
    Zack melarikan diri dari penjara kemungkinan besar dibantu oleh Abraham gray, dalam Wiki ditulis kalau dia "tidak diketahui" masih hidup atau tidak sedangkan Daniel disebut "meninggal" padahal mereka mati di lokasi dan waktu yang sama.
    Abraham membantu Zack karena dia "menyayangi" Zack dan ingin tau akhir dari takdir jika dia bertemu lagi dengan Ray, bisa dibilang ini merupakan tugas terakhirnya sebelum berhenti menjadi "dewa".
    Sabit, baju dan sebagainya diberikan Abraham agar bisa membuat Ray "tersenyum", sabit juga sebagai "perlindungan diri".
    Agar Zack bisa melarikan diri, Abraham menyelimuti kantor polisi dengan asap agar semua orang berhalusinasi kecuali Zack yang membuat Zack mudah melarikan diri.
    Zack mengetahui lokasi ray dari asap Abraham, asap tersebut membuat Zack melihat sesuatu (seperti benang merah) yang mengarah ke lokasi ray dan benang tersebut menghilang saat Zack menghancurkan jendela.

    Di akhir cerita mereka melarikan diri bersama. Zack bisa lari sangat-sangat cepat (Di versi game) sehingga tidak ada yang bisa mengejar mereka. Lokasi tujuan mereka tidak diketahui, Ray dibunuh atau tidak setelah selesai melarikan diri tidak ada yang mengetahuinya

    Tapi aku ingin percaya bahwa mereka berdua masih hidup. Mereka berlari ke arah rumah pria tua buta yang pernah membantu Zack saat masih kecil dan mereka hidup bersama di sana dan menikah saat Ray sudah dewasa. Akupun ingin mempercayai bahwa Zack "Tidak bisa membunuh Ray" karena dia mengetahui seberapa sakit hatinya saat melihat Ray terluka (Seperti Ray tertembak Daniel), rasa sakitnya melebihi saat melihat pria tua buta terbunuh saat di masa kecil Zack.

    Ray pernah bilang ke Zack
    "Bunuhlah aku saat kau merasa ingin melakukannya" (sesaat sebelum Daniel menembak Ray)
    Lalu aku berharap Zack menjawabnya saat mereka selesai melarikan diri
    "Aku tidak ingin membunuhmu sekarang, aku akan membunuhmu sesaat sebelum kau mati karena takdir"
    Zack akan terus berada di samping Ray untuk menyaksikan takdirnya dan membunuhnya sesat sebelum takdir itu membunuhnya.
    Sampai saat itu tiba Zack akan selalu melindungi Ray apapun yang terjadi.

    Tidak tau pasti ini benar atau tidak tapi "Ray dan Zack melarikan diri bersama" itu sudah official dari novel dan Wiki. Hanya kelanjutannya saja yang akan selalu menjadi teori.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noobmaster, apa kabar Thor? Wkwk. Thanks infonya, sangat super krn udah berdasar game dan novel. Salut dah.

      Yap, anime cuma duabelas episod emg rada nanggung. Mungkin krn itulah endingnya dibuat open end. Mungkin interpretasinya jd beda dari game dan novelnya sama kayak adaptasi The Witcher. Salam buat Thor ama Korg, bang.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.