Akudama Drive: Utopia Season 2

Dua kata untuk anime ini dari saya; kok bisa?

Akudama Drive, sebuah anime yang saya sendiri juga bingung harus bagaimana menghadapinya. Kok bisa? Hanya dua belas episode, ceritanya original jadi ga ada spoiler manga atau apapun, endingnya begitu menohok pula. Saya tidak akan menutupi, tokoh utama dari anime ini dimatikan semuanya. Itu seperti buaaam tanpa permisi [sorry, gatau gimana harus menuliskannya]

Saya begitu suka dengan setiap episodenya. Cepat, tanpa basa-basi, tanpa banyak backstory meski dikumpulkan tujuh tokoh, penamaannya juga simpel berdasarkan profesi mereka saja. 

Ippanjin/Ordinary Girl/Swindler/Penipu; sebenarnya dia cuma orang biasa yang terjebak di waktu dan tempat yang salah hingga akhirnya terdampar di tengah kumpulan akudama. Awalnya dia mengaku sebagai akudama juga demi bertahan hidup, si penipu. Tapi pada akhirnya dia begitu menghayati perannya sebagai Penipu. Saya melihat dia sebagai si naif yang merepotkan, selalu bicara tentang baik dan buruk, padahal siapa yang peduli?

Dari ordinary girl sampai jadi swindler

Hakobiya/Courier/Kurir; si feminis keren tanpa celah. Bagi para penonton cewe, dia ini seperti sebuah magnet. Karakternya full of husbu material. Cogan, badass, anak motor, motornya fancy sasageyo, tenang, ada aura berbahaya dari diamnya, bisa diandalkan, bisa berantem dan masih banyak lagi. Hakobiya ini sangat serius dengan pekerjaannya, sangat berdedikasi, dengan slogan segala paket yakin pasti sampai.


Sudah saya bilang motor dia fancy


Kenkaya/Brawler/Petarung; si idaman saya, sebuah keajaiban saya memilihnya. Hanya terjadi di Akudama Drive, saya nge-simp ossan berotot yang suka berantem tangan kosong. Tapi Kenkaya ini memang menawan. Dia ini tipe berjiwa bebas, siap maju di garis depan, tak banyak berpikir karena dia cuma pengin gelud aja. Di balik semuanya, dia sebenarnya punya sisi polos yang bahkan menelan bulat-bulat kebohongan orang lain tanpa ambil pusing. Tanpa sadar, kehadiran si Kenkaya ini membawa kenyamanan. Meskipun dia maju terdepan buat berantem bukan untuk melindungi temannya, secara tidak langsung dia begitu melindungi. Respect.

Chinpira/Hoodlum/Preman; dia juga termasuk yang nyasar di antara akudama berbahaya. Meskipun dia juga sudah dicap sebagai akudama, tapi dia cuma dipenjara empat tahun dan kejahatannya juga ringan sebatas pencurian dan perampasan. Meskipun dia hanya bisa omong besar dan melebih-lebihkan tapi karakternya cukup menarik. Apalagi saat Chinpira dan Kenkaya saling panggil Kyodai/brother.

Hacker/Peretas; dengan segala peralatan canggih dan betapa dia maniak komputer, sungguh menarik. Seolah tak ada sistem yang tak bisa diretasnya. Semakin sulit dibobol, semakin tertantang dan semakin serius dia membobolnya. Dia termasuk yang berkepribadian normal, ambisiusnya masih di ambang batas. Hanya saja dia kadang menganggap segalanya hanya sebagai game [kadang seperti bocah yang cepat bosan]

Issha/Doctor/Dokter; satu kata buat tante yang satu ini, lonte. Itu saja sih. Tampilannya, cara ngomongnya, apa yang dia omongin, sifatnya, akhlaknya ga ada. Bener-bener seorang lonte yang egois. Dengan kemampuannya, dia bisa sembuhkan orang lain bahkan dirinya sendiri. Tapi lebih banyak diperlihatkan dia bunuh orang daripada sembuhkan orang. Jadi masihkah dia bisa disebut dokter?

Satsujinki/Cutthroat/Pembunuh; yang satu ini cukup menipu. Meski punya tampang bishounen, dengan mata kalem dan tingkah sok polos cenderung kaya bocah maniak warna merah, tapi sebenarnya dia murni seorang psikopat. Setiap kata yang keluar dari mulutnya pasti ada hubungannya dengan darah dan bunuh-bunuhan. Masih tidak paham dengan banyak cewe M di luar sana yang nge-simp doi. Ya meskipun dia bisa begitu bucin dan bisa berantem tanpa pandang bulu.

Banyak alasan tidak nonton anime ini, bertebaran di setiap kolom komentar sosmed. Tapi entah mengapa semua itu bisa dimentahkan, toh saya pada akhirnya tetap nonton. Apa alasannya? 

Ada yang bilang anime ini banyak mikir, mungkin karena setting distopia Kansai alias masa depan suram. Ada yang bilang anime ini terlalu gore, ya kan tokoh utamanya para penjahat. Ada yang ragu karena ini garapan Studio Pierrot, memang awalnya saya juga yang masuk golongan skeptis. 

Pierrot seperti sudah dapat cap jelek karena beberapa kali merusuh dengan grafik ampas di cerita yang keren. Tapi yang satu ini, benar-benar digarap dengan sepenuh hati [seperti membesarkan Malika sebelum dijadikan kecap]. Grafiknya bagus, fight scene selalu epik, penggambaran latar tempat dan karakter yang unik. Jangan lupakan opening song yang catchy kental dengan nuansa cyberpunk penuh warna-warni. Lalu bungkusan ending song yang sephia menenangkan. Bagi saya, anime ini cukup punya banyak daya tarik. Nonton sajalah.

Tentang ending, semua tokoh akhirnya dimatikan. Sedih sih, seolah tidak diberikan kesempatan untuk happy ending hanya karena mereka penjahat. Tapi yang menyebalkan dari cerita antihero adalah membuat penonton mempertanyakan siapa villain yang sesungguhnya. Apakah penjahat itu jahat karena dilahirkan jahat atau kejahatannya dilahirkan oleh sistem yang mengatasnamakan keadilan? Entahlah.

Bahkan ketika saya nangis nonton episode terakhir, saya jadi bingung, untuk siapa tangisan itu. Padahal sudah jelas yang mati itu ditokohkan sebagai para penjahat yang bahkan akumulasi hukumannya bisa sampai ratusan tahun penjara. Ketika season dua tidak mungkin pernah ada mereka, kok rasanya jadi tambah meledak tangisnya.

Ekspektasi saya, anime ini bisa tahan lama, bisa banyak season seperti franchise Psycho Pass. Apalagi keduanya hampir memiliki universe dan konflik yang satu tipe. Tapi ya sudahlah. Berandai-andai saja ada spin off atau bagaimana. Berandai-andai saja kalau cinta para netizen akan tersampaikan dan diberikan kesempatan kedua. Tapi saya tidak mau season dua tanpa mereka, saya maunya cerita spin off, OVA juga kaga apa. Setidaknya tujuh episode kek, buat appreciation tujuh tokoh. Eh enam saja, si lonte gausah. Sampah dia!

Meskipun sebagai penonton, saya merasa tersakiti, terkhianati, terbohongi dan nangis kejer. Tapi pada akhirnya saya ga bisa bilang bahwa anime ini jelek. Bagaimana menurut kalian? Kalian nge-simp siapa boleh bagikan di kolom komentar. Bagi pecinta Issha/Doctor/Dokter, mohon maaf kalo waifu kalian saya panggil lonte. Emang lonte sih. Sekian.

14 komentar:

  1. Iya msih bingung banyak cewek yg ngehusbuin jagal/pembunuh kan mas kurir lebih menarik cocok sama penipu

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuu... hakobiya lebih menawan titik.

      Hapus
    2. Betul, aku merasa kek tolol bgt baper ama kata2 nya si Jagal..

      Hapus
  2. Iya msih bingung banyak cewek yg ngehusbuin jagal/pembunuh kan mas kurir lebih menarik cocok sama penipu

    BalasHapus
  3. Intinya aku kena mental sih nontonnya, perut ku sampe sakit aku mau muntah rasanya. Awal nya liat si Jagal kek so sweet gtu, tp ternyata dia ngejar si penipu cuman buat dibunuh, gila bgt anjr. Mana gw dah baper pas dia bilang "jangan ganggu bidadariku" KEK-KAJSKAKSKAKJSS, aku merasa tolol bgt dah tertypu😭🙏 pen nangis:( aku masih ga ngerti ma endingnya, itu pun aku ga kuat buat lanjutin jadi aku lgsg lompat ke eps 12 nya hehe.. (Dri eps 9 lgsg ke eps 12). Aku beneran ga kuat sih, bener2 kena mental gw..

    BalasHapus
  4. Tapi ini "akudama" kek kasian banget ga sih anjr????????? Kek emang dah ga bisa idup.. Bayangin stempel yg dijadiin "uang" buat melakukan transaksi tp klo jadi akudama tuh stempel dah ga guna.. Stempel = uang, segalanya butuh uang, dan tanpa uang kita ga bisa hidup. Berarti nih para akudama (kls s) emang kek dah ga ada harapan buat hidup anjir:((((( kasian bgt😭😭😭😭😭😭 pantes si kurir bilang "karena cuman ini tempatku" huaaaa😭😭 pen bgt juga dapat penjelasan sebenarnya apa itu "kanto"???? Kenapa mereka kek kuasa banget????? Tuh dua bersaudara mau lari kemanaaa??????? Bagaimana si nasib " hacker"???? Apa dia dah sampai di Kanto?? Sumpah aku punya bnyk bgt pertanyaan 😭😭😭😭😭 perut ku sampai sakit ck nontonnya_-

    BalasHapus
  5. Anw saya ga nangis nontonnya, krn saya tahan. Dan juga sy lgsg lompat lgsg ke eps 12 hehe.. 🦆🙏 GA KUAT DAH BENERAN SUMPAH AAAAAAAAAAA, aku butuh penjelasan ARGHHHHHHHH😭😭😭😭😭

    BalasHapus
  6. MALES BANGET GA SIH, AKU PEN NANGIS RASANYA IH😭😠

    BalasHapus
  7. Dan aku juga punya pertanyaan, si para akudama kelas s ini kenapa bisa jadi akudama??? (Aku pen flashback cerita para tokohnya gt🦆🙏). IH😠😠😠😠 singkat bgt aku jadi kesel arghhhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sih minta flash back. Jadi berharap ada satu sisen bahas spin off dari mereka tak berdosa sampai jadi akudama

      Hapus
  8. YG PALING PENTING TUH DUA BERSAUDARA MAU KEMANA ANJRRRRRR😭😭😭😭😭😭 aaaaaa SOMEONE PLEASE HELP ME

    BalasHapus
  9. Aku sedih, letih, letuh, lesoy, capek, bedmud, kit perut, frustasi, pen gila, marah, merasa terkhianati, pen teriak.. DAHLAH

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.