[REVIEW] Akatsuki no Yona: STRONG Heroine



 Yosh, ceritanya saya kemaren anime marathon dan langsung pengen buat review karena saking jatuh cintanya. Yap, judulnya Akatsuki no Yona: The girl standing in the blush of dawn. Awal ketertarikan saya adalah tokoh utamanya cewe berambut merah pendek sedang merentangkan busur. Itu yang saya lihat dan langsung saja nonton 24 episodenya tanpa luput.

Ternyata ceritanya berlatar di sebuah kerajaan dengan pakaian yang epik-epik dan banyak tokoh cowo ganteng dua dimensi [kyaaa]. Dari episode satu sudah disuguhi Son Hak, sang jendral yang kocak tapi jago berantem [wuidih tipe cowo anime kesukaan saya ini]. Tak lama kemudian dikenalkan seorang putri yang kelihatannya lemah dan hanya bisa jadi objek yang dilindungi dan full mendoukusai [ya, si Yona]. Apalagi setelah nongol si Soo-Won, yang terlihat lembut dan penyayang juga sepupu Yona yang sudah main bersama dari kecil. Ya, dan ini cowo juga yang jadi konflik cerita.

Soo-Won bunuh bapak Yona yaitu King IL untuk balas dendam atas kematian ayahnya [yang katanya dibunuh King IL]. Saat itulah Soo-Won membalikkan keadaan, semua kenangan indah Yona tentang masa kecil mereka langsung terasa seperti kebohongan. Bahkan Soo-Won juga berniat membunuh Yona sebelum akhirnya Hak datang dan pasang badan [kyaaa, nosebleed]. PS: Hak juga teman main Yona dan Soo-Won bahkan biasanya latihan memanah bareng loh. Jadi kudeta Soo-Won sudah memecahkan persahabatan mereka. Nah, sepertinya tradisi nonton anime saya, pasti nonton full episode satunya mulai dari opening sampai ending. Di openingnya saya menemukan bocoran tentang deretan cowo ganteng yang akan menemani saya [ekhm, maksudnya Yona] dalam perjalanan anime ini. Saya malah bersemangat untuk lanjut, padahal sudah tahu ini anime tipe shoujo yang penuh nuansa heroine [satu cewe, banyak cowo]. ANEH SEKALI.

Biasanya saya benci tipe tokoh utama yang hanya bisa dilindungi dan jadi beban bagi yang menemani perjalanannya. Tapi feeling saya bener bahwa Yona ini berbeda dari cewe setipe dia di anime lain. Misalnya Chizuru di anime Hakuoki yang fail jadi heroine keren. Nah, Yona ini heroine keren di antara banyak cowo keren [kyaaa, again]. Lalu kenapa saya tertarik buat nulis review ini, karena... jreng:

PROLOG MENJANJIKAN
Di awal ada bocoran Yona dengan anak panah dan rambutnya udah pendek. Bukan hanya Yona yang terlihat garang, tapi ada juga deretan cowo-cowo di belakangnya yang wajahnya masih siluet dan seolah disembunyikan. Itulah alert bahwa anime ini heroine centered. Lalu lanjut ke lagu opening yang semakin jelas mengungkap wajah-wajah yang tadi disiluetkan juga tokoh lain yang ga kalah indah. Tak banyak basa-basi, ketiga tokoh utama nongol di episode satu: Yona, Soo-Won dan Hak. Konflik juga langsung nongol di episode ini. Makin penasaran dan memang sih di awal episode, Yona masih tipe heroine ringkih yang manja dan menyebalkan.

KONFLIKNYA MANTAP
Konfliknya terasa memang jleb dua sisi karena yang membunuh ayah Yona adalah teman masa kecilnya dan pria yang dia suka. Konflik yang dibuat Soo-Won bukan hanya jleb bagi Yona tapi juga bagi Hak. Tapi makin lama saya nonton, saya penasaran maksud sebenarnya dari si Soo-Won bunuh King IL. Saya semakin menegaskan dalam diri saya sendiri bahwa Soo-Won adalah karakter yang tak punya pilihan selain melakukan apa yang dia perbuat sekarang. Bunuh King IL untuk balas dendam atas kematian ayahnya, ya okelah. Tapi menjadi raja tanpa menikahi Yona, ini kudeta dan kudeta Soo-Won ini yang masih saya pertanyakan. Seolah Soo-Won tahu bahwa Yona ga mampu memimpin kerajaan Kouka, jadi dia yang mengambil alih bebannya. Ya, sampai saat ini masih terasa seperti itu.

KARAKTER OKE
Karakter yang bikin saya jatuh cinta pada pandangan pertama adalah Hak. Yap-yap-yap, saya yes untuk Son Hak, si jendral Kerajaan Kouka. Gimana ya menjelaskannya? Hmm, ini ujian yang berat. Penggambaran fisiknya perfect: tinggi, wajah cakep, matanya rada ngantuk-mager gimana dan bisa seketika jadi tajam [wuidih]. Awal nongol, dia adalah sosok yang menyebalkan dengan semua ejekannya pada Yona. Ya, mungkin karena teman kecil Yona jadi dia berani ngejek seorang putri, hehehe. Awalnya karakter Son Hak ini mirip Nara Shikamaru dari Konoha, yang mager, hobi tidur dan ga suka miir banyak padahal pikirannya ternyata cemerlang. Hak berasal dari wind clan jadi cara dia menjalani kehidupannya pastilah sebebas angin berhembus. Awalnya Hak ga peduli dengan kehidupan kerajaan dan cara hidup para bangsawan yang menurutnya hanya jadi beban, tapi ujung-ujungnya dia terima juga jadi pengawalnya Yona. Bahkan sangat protektif. Sifat itu mungkin karena Hak sudah janji pada King IL akan menjaga Yona, tapi lama kelamaan hati ga bisa bohong. Dia suka sama Yona.

"We will go anywhere, as long as it means you will live." Hak episode 1
"Think me as a tool. Use me so that you can live! That's what I'm here for." Hak episode 2


Visualisasi Hak- Yona yang bikin meleleh

BANYAK NILAI
Perjalanan pelarian diri Yona ga semata-mata cuma lari dan dikejar prajurit terus dilindungi oleh Hak sampai berdarah-darah. Yona nangis-nangis, jatuh cinta sama Hak, Hak juga cinta, terus cinta-cintaan dalam pelarian: NO. BIG NO! Cerita semacam itu tak ada di anime ini. Tapi banyak nilai keren. Bayangkan, ini pertama kalinya seorang putri keluar dari istana dan berkeliling negeri. Tentu saja banyak hal baru yang dilihatnya dan tak semuanya indah. Awalnya Yona berpikir bahwa negerinya makmur sama seperti keadaan di istana tapi realitanya berbeda jauh. Yang makmur akan makmur, yang tidak ya tak ada pilihan selain terpinggirkan dan mati terabaikan. Yona semakin keras kepala untuk belajar pake senjata dan Hak awalnya menolak karena King IL berpesan agar jangan  agar jangan sampai putrinya pegang senjata. Tapi Hak ga bisa nolak, dia ajari Yona memanah. Jujur saja, yang ditunggu ketika nonton anime tipe heroine centered adalah pada siapa heroine akhirnya jatuh cinta? Di Akatsuki no Yona, semuanya masih samar. Yona suka Soo-Won tapi Hak juga lama-lama suka Yona cuma Yona ga peka. Jadi suka sama siapa, mbak Yona? Soo-Won ato Hak?

"To protect you, I'm willing to take up a weapon, even if it means sacrificing someone." Yona episode 9

Itu adalah kalimat Yona untuk Hak, waktu mereka latihan panah dan Hak suruh Yona bidik Hak. Waktu itu Yona ga sanggup bidik makhluk hidup apalagi manusia dan kalimat Hak cukup sakti untuk membuat Yona melepas anak panahnya. Dia bilang, jika Hak adalah Soo-Won. Jadi someone yang dimaksud Yona bisa jadi adalah Soo-Won. Lalu ini balasan Hak untuk kalimat Yona:

"Don't say you will protect me. Because it stirs my desire. In any case, it's my job to protect you."

CHARA DEVELOPMENT, YES!
Semakin lama semakin saya semakin suka ke Yona dengan keteguhan hatinya. Ya, bahkan Hak semakin ga mengenali Yona sebagai seorang putri manja yang ga pernah kemana-mana dan hanya bisa menyusahkan. Setiap malam dalam perjalanan pelarian diri mereka, Yona belajar memanah. Bahkan menurut Hak, Yona berlatih hingga 200 anak panah tiap malam. Yona si cengeng udah ga ada lagi. Dia yang sekarang cuma menangis ketika melihat penderitaan rakyat Kouka yang tak pernah dilihatnya. Dia tak pernah menangis untuk dirinya sendiri lagi, menurutnya ga ada hal mengerikan yang membuatnya menangis ketakutan kecuali malam itu. Ya, malam ketika Soo-Won bunuh bapaknya. Yona tumbuh begitu pesat dan puncaknya adalah ketika dia bunuh Lord Kum-Ji [setingkat gubernur] yang kejam dan main politik human trafficking di daerahnya, Awa. Yona bahkan ga menyesal telah melesatkan anak panah yang tepat mengenai jantung Kum-Ji.

PLOT MENARIK
Berdasarkan penerawangan seorang priest, Yona harus minta bantuan pada empat naga legendaris yang awalnya cuma dikira mitos. Ya, mereka bukan secara fisik naga, tapi mereka mewariskan kekuatan naga. Untuk season yang sekarang sudah ada, fokus pada mengumpulkan keempat naga. Sejauh 24 episode, selalu ada cerita menarik saat penemuan naga-naga tesebut.

Kija
Hakuryuu [White Dragon] ini yang pertama ditemui kawanan Yona, Hak dan Yun [asistennya priest]. Namanya Kija, di desanya, dia diagungkan dan menjadi kehormatan. Begitu melihat Yona dan rambut merahnya, dia langsung patuh dan mengenalinya sebagai master yang ditunggu lama. Kekuatan naga berada di lengan kanannya yang menyerupai cakar naga.

Shin Ha
Seiryuu [Blue Dragon] di desanya dianggap sebagai anak yang terkutuk dan berbanding terbalik dengan desa Kija. Hidupnya si Seiryuu terkurung dalam ruang bawah tanah dan sejak lahir ia sudah harus mengenakan topeng untuk menutup matanya yang diwarisi kekuatan naga. Ya, Seiryuu ini berkemampuan untuk melihat objek yang sangat jauh sekalipun. Saat ditemui Yona, dia kabur begitu saja pas liat si Kija. Namun Yona tetap gigih hingga akhirnya Seiryuu ikut rombongan. Ternyata dia ga punya nama dan Yona kasih nama Shin Ha [moonlight].

Jae Ha
Ryokuryuu [Green Dragon], nah si Jae Ha ini yang paling bandel sih menurut saya. Karena dia ga suka terikat, dia ingin hidup bebas. Belum pernah Jae Ha ditunjukkan flash back-nya tapi sepotong demi sepotong dalam memori Jae Ha sepertinya dulu pernah dipenjara dan semacamnya. Beda dengan dua naga sebelumnya yang tinggal di desa, Jae Ha merantau di sebuah kota pelabuhan dan pekerjaannya sebagai bajak laut [wuidih, anak buah Captain Jack Sparrow ini bocah]. Kekuatan naga pada Ryokuryuu adalah kaki kanannya yang bisa melompat tinggi seperti terbang.

Zeno
Ouryuu [Yellow Dragon], yang satu ini masih sangat bocah. Naga keempat yang seharusnya punya strong body ternyata cuma bocah girang yang selalu kelaperan. Dan proses nongolnya yang paling cepet, tiba-tiba datang, ngiler liat makanan Yun, ikut makan, dipanggil Ouryuu dan akhirnya gabung. Ya bukan hanya Yona, Hak dan Yun yang bingung, ketiga naga juga bingung tapi yakin kalo si kecil itu si Ouryuu. Namanya Zeno. Untuk hidupnya masih misterius tanpa keterangan. Sifatnya ceria banget cuma sekali dia ngomong, kalimatnya serius dan buat Yona and geng bingung. Hmm, bikin penasaran ini si Zeno the Ouryuu.

Yap yap, itulah review saya mengenai Akatsuki no Yona. Untuk poin rekomendasinya lebih jelas, seperti di bawah ini (dengan skala 1 terendah, 5 tertinggi):
Karakter: 5 poin
Plot: 5 poin
Konflik: 5 poin
Gambar: 5 poin
Musik: 4.5 poin

Yeayy, kalo yang penasaran silahkan ditonton. Saya merekomendasikan ini sebagai anime tipe heroine yang tak bikin ngantuk. Mungkin bisa streaming di kissanime.com [kalo ada] atau di channel Youtube: MoestormA dengan websitenya di Moestorm.com, itu untuk sub inggris. Oh kalau ada yang mau baca lanjutannya juga ada manga-nya. Cari saja di web-web baca manga kesukaan anda. Sampai jumpa di review lainnya...

Akatsuki no Yona full team
PS: Review ini dibuat setelah nonton 24 episode Akatsuki no Yona. Saya belum baca manga-nya jadi maafkan kalo misalnya ga sesuai ekspektasi anda. Salam.

6 komentar:

  1. pertanyaannya.. kenapa dia pake nama2 orang korea ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya itu adaptasian dari komik korea

      Hapus
    2. Karena, manga dan anime nya memadukan budaya jepang, cina dan korea...

      Hapus
  2. Yang tau jawab ya, jadi end nya gmn si? Yona ama sapa? Trs dia jadi ngerebut balik kerajaannya ga? Yg menang yona ato soo won ? Aku udh selesai nnton tp ga puas bgt sama end nya. Siapa tau di manga nya lebih komplit dan ada yg udh baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yona ngga jadi ngerebut kerajaan, dia lebih milih ngelindungi kerajaannya di garis depan sama para naga. Dia juga bantu daerah² yang lagi konflik. Soo-won tetep jadi raja. Kalau mau baca aja manganya biar lebih jelas. Ending nya juga belum tau gimana karena manga nya sampe sekarang masih on going.

      Hapus
    2. Manga yang bahasa indonya kok gak update lagi ya?

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.